Ilustrasi sncak/Net
Ilustrasi sncak/Net
KOMENTAR

BUAT kamu yang punya resolusi memperbaiki keuangan di 2023, ini saatnya untuk bergerak. Ada beberapa bisnis rumahan dengan modal kecil yang perlu kamu lirik, untuk menghasilkan cuan yang berlimpah.

Jual camilan kiloan

Bisnis rumahan ini paling mudah dilakukan, modalnya pun tidak banyak. Jajanan ini telah melintasi berbagai generasi, dan terbukti tidak ada matinya. Camilan-camilan mungil ini bisa menjadi sumber cuan jutaan rupiah.

Tidak percaya? Jika dilihat dari tren pemasarannya, rata-rata orang akan membeli setidaknya 2 kilogram camilan dari seorang penjual dengan berbagai varian makanan. Jika 1 kilogram camilan itu seharga 15 ribu rupiah dan kamu bisa mendapat 5 pelanggan dalam sehari, keuntungan yang didapat bisa berlipat-lipat dari modal awalnya.

Guru kursus

Pasca pandemi, banyak orang yang ingin belajar hal-hal baru. Jika kamu punya kemampuan khusus, seperti bermain gitar, fasih bahasa asing, dan lainnya, kamu bisa menawarkan jasa mengajar.

Buat paket-paket kursus kecil, yang biayanya bisa per pertemuan atau per paket. Untuk harga, bisa dimulai dari 50 ribu rupuan, bergantung pada pengalaman dan kredibilatasmu sebagai pengajar. Dengan harga ini, kamu bisa merau untuk yang lumayan dalam hitungan bulan.

Jasa laundry

Kalau mendengarnya, pasti kamu berpikir ide usaha rumahan ini butuh biaya yang besar. Tapi, tidak juga! Hanya butuh modal paling besar 5 juta rupiah untuk mesin cuci, listrik, kantong plastik, dan lainnya. Keuntungan bersih yang bisa kamu dapat per bulannya kurang lebih 13 juta rupiah.

Apalagi, pemerintah sudah mencabut PPKM. Ini artinya, masyarakat dibebaskan untuk beraktivitas di luar rumah, termasuk bekerja di kantor secara offline.

Jika per kilogram baju kamu mematok harga 8 ribu rupiah dikali dengan 10 hingga 20 pelanggan yang membawa baju 5 sampai 10 kilogram, maka kamu bisa mendapatkan hasil sebesar Rp 19 juta rupian per bulannya. Menarik, bukan?

Penulis lepas

Jika kamu punya hobi menulis, 2023 bisa dijadikan peluang untuk menjadi seorang penulis lepas. Banyak platform yang menawarkan sejumlah uang bagi tulisan yang lolos kurasi.

Jika senang menulis narasi, kamu bisa mengirimkan cerpen atau puisi ke berbagai media cetak atau online. Bisa juga membuka jasa penulisan artikel SEO atau artikel web.

Biasanya, untuk penulisan fiksi di media, kamu bisa mendapat penghasilan 150 ribu hingga 900 ribu rupiah, sekali tulisan dimuat. Untuk penulisan artikel, harganya antara 20 ribu hingga 50 ribu per artikel. Jika dalam sebulan kamu bisa menulis 10 cerpen, atau dalam sehari ada lima artikel mu yang ditayangkan, hitung berapa uang yang bisa didapat.

Selain bisnis rumahan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menawarkan jasa sebagai desain grafis atau menjadi seorang Youtuber. Dua bisnis itu juga sangat menjanjikan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family